Posted by: fsindonesia | July 8, 2011

Kesan Novi

Pelatihan ini sangat bagus dan bermanfaat, selain itu juga bisa menambah ilmu untuk peserta yang ikut dalam pelatihan ini, dan saya sangat beruntung bisa menjadi salah satu peserta yang terpilih. Materi dan isu yang disajikan dalam pelatihan ini sangat menarik, metode penyampaiannyapun menarik sehingga para peserta tidak bosan berada di dalam pelatihan ini. Banyak materi yang berkesan untuk saya, hampir semua dari materi pelatihan ini.
Materi pertama yang berkesan untuk saya adalah tentang seksualitas, yang membahas tentang keanekaragaman perilaku, orientasi dan identitas seksual. Isu tentang LGBTIQ juga sangat menarik bagi saya, dari isu ini saya jadi bisa belajar menghargai pilihan seseorang tentang perilaku, identitas, serta orientasi seksual, di dalam keluarga besar saya juga ada yang memiliki orientasi seksual yang berbeda (gay) dan saya jadi bisa merasakan perasaan saudara saya ketika dia tidak bisa mengekspresikan perasaan seksual dan mengatakan bahwa dia mempunyai orientasi yang berbeda dari kami semua, dikarenakan lingkungan sosial serta lingkungan agama yang sangat kuat dari keluarga besar saya sudah mentabukan tentang itu. Selain itu teori tentang 4P+1P juga skala Kinsey adalah sesuatu yang baru saya ketahui, sebelumnya saya belum pernah tahu dan mendengarnya.
Materi kedua yang berkesan adalah tentang hormon dan kromosom, materi ini benar-benar membuat saya sedikit pusing tujuh keliling, mungkin bukan saya saja yang merasakan perasaan itu tetapi peserta lain juga ada yang merasakan apa yang saya rasakan. Materi yang seharusnya berdurasi panjang agar semua peserta mengerti, diberikan dengan waktu yang sangat singkat, tetapi nara sumber berusaha menggunakan bahasa kedokteran yang mudah dimengerti oleh peserta. Walaupun begitu, sedikitnya saya mengerti tentang hormon dan gen yang ada pada tubuh manusia serta faktor yang menentukan jenis kelamin seseorang.
Materi terakhir yang berkesan bahkan sangat berkesan adalah tentang seksualitas dalam hubungannya dengan ideologi, agama, dan budaya. Sesi materi ini benar-benar menarik plus membuat beberapa peserta termasuk saya shock ketika nara sumber membahas tentang ideologi dan agama, karena ini pertama kalinya saya menerima tentang materi tersebut, sekali lagi nara sumber bisa membuat para peserta kembali tenang.
Terima kasih kepada panitia dan nara sumber karena sudah memilih saya menjadi salah satu peserta di pelatihan ini, dan insya ALLAH saya akan mengaplikasikan ilmu yang sudah diberikan dipelatihan ini ke komunitas dampingan saya.


Leave a Reply

Categories

