Posted by: fsindonesia | September 6, 2011

LGBT dan Agama

Oleh: Afank Mariani

Seperti setiap pelatihan yang pernah saya ikuti, issue LGBT dan agama akan selalu panas dan terus diperbincangkan. Para peserta menjadi gelisah, resah dan merasa terusik dengan pengetahuan baru yang diperoleh sehingga membongkar konsep mereka tentang dosa dan tidak dosa, halal dan haram, boleh dan tidak boleh. Dari training yang saya ikuti ini, diskusi dan perbincangan tentang agama menjadi diskusi yang paling mendalam buat semua peserta yang menyebabkan beberapa peserta kaget, shock dan kebingungan dalam memahami dan menyelami wacana yang diberikan oleh fasilitator.
Menurut saya training ini berhasil menyadarkan para peserta dan membangunkan mereka. Membuat para peserta menggerakkan sisi lain dari diri mereka dalam memahami agama dengan konteks yang berbeda, sehingga berubah cara berpikir mereka tentang keyakinan, dogma-dogma dan agama yang mulai dari kecil dikonstruksikan untuk diyakini tanpa bertanya “apakah Tuhan itu benar-benar ada”. Hal ini menyebabkan mereka terganggu dan dilanda kebingungan.
Dari training ini, para peserta diajak untuk menjadi orang-orang yang kritis dan berani menggugat agama tanpa ketakutan akan dosa dan rasa bersalah. Karena kitab yang diyakini sebagai sesuatu yang suci juga merupakan hasil dari pengumpulan, dan penulisan ulang orang per orang yang dipercaya sebagai sahabat atau orang yang dianggap dapat dipercaya oleh Nabi. Yang mana seiring dengan jalannya waktu dan perubahan jaman, apakah konteks ini masih dianggap wajar dan sesuai. Kitab yang dianggap sudah final pada zamannya ternyata tidak lagi sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan ilmu pengetahuan.
Dengan mengikuti training ini, saya merasa terinspirasi untuk berani membagikan pengetahuan dan penyadaran kepada teman komunitas dalam memahami agama dan LBT yang menjadi focus kerja Ardhanary Institute. Karena seperti yang kita ketahui bahwa menjadi LBT bagi sebagian orang dianggap sebagai perbuatan dosa, sehingga dibutuhkan keahlian atau kemampuan untuk memberikan pemahaman tentang LBT dari sudut pandang agama, khususnya agama Islam. Banyak teman-teman LBT yang terus merasa berdosa, dalam menjalani hidupnya. Bertahun-tahun mereka harus mengalami tekanan dan tersiksa dengan perasaan berdosa, merasa telah melanggar agama sehingga tidak ada ketenangan dalam menjalani kehidupan atau berelasi dengan pasangannya, sehingga orang-orang yang mestinya bisa berkarya dan melakukan banyak hal di dalam hidupnya, malah terkungkung dalam rasa bersalah dan berdosa.
Rasanya menjadi berbeda adalah fitrah manusia di bumi ini, sehingga mempertanyakan keberadaan LGBT, yang kemudian dibenturkan dengan Agama justru merupakan sebuah usaha atau rekayasa para agamawan dalam menihilkan dan menciptakan kekerasan baik struktural maupun kultural kepada kelompok LGBT yang sudah ada ribuan yang lalu.
Dari lahirnya stigma penyimpangan dan abnormal oleh Agama, hingga cap pendosa yang diberikan kepada kelompok LGBT, menyebabkan lahirnya produk perundang-undangan yang tidak membela kepentingan kelompok LGBT hingga yang mengkriminalkan kelompok LGBT i. Dan seringkali masalah-masalah yang dialami kelompok LGBT dianggap bukanlah sebuah masalah penting bagi banyak pihak, termasuk para pembuat dan pengambil keputusan karena mereka sudah terstigma oleh agama.
Dengan pemahaman baru yang didapatkan pada training ini, peserta merasa pendalaman materi agama dan LGBT yang didapatkan, dapat dipakai secara maksimal dengan bekerjasama antara sesama peserta dan para fasilitator dengan saling mendukung dan memberikan informasi yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan sesuai dengan mandata organisasi masing-masing dengan sharing informasi terkait agama baik ke komunitas maupun advokasi sebagai upaya untuk mengubah perspektif masyarakat umum tentang LGBT.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: