Posted by: fsindonesia | January 26, 2012

Ketika 3 Orang Buta Memegang Seekor Gajah, Menghargai Berbagai Pandangan Tentang Seksualitas

 

Manusia tidak bisa terlepas dari hak asasinya. HAM bersifat universal, menuju keadilan dan kesetaraan, serta tidak ada seorang pun yang dapat mencabutnya dan menghilangkannya dari tiap individu. Begitupun hak atas seksualitas setiap individu. Siapapun tidak dapat membatasi dan mengatur hak atas tubuh kita. Apalagi yang bersifat socially constructed.

 

Jika berbicara hak, tentu terdapat suatu kewajiban. Hak setiap warga adalah kewajiban bagi Negara. Negara mempunyai kewajiban untuk melindungi (to protect), menghargai (to respect) dan memenuhinya (to fulfil). Termasuk masalah seksualitas, tanpa diskriminasi dalam bentuk apapun. Dalam perkembangannya, Indonesia memiliki prinsisp-prinsip Jogjakarta. Pada prinsip 27 mengakui hak untuk membela dan memajukan HAM tanpa diskriminasi atas orientasi seksual dan identitas gender, serta kewajiban Negara untuk memastikan perlindungan bagi para pembela HAM yang bekerja dalam isu ini.

 

Namun berbicara tentang hak seksualitas bukan hanya sebatas pandangan HAM saja. Berbagai wacana budaya, agama, hukum, medis dan psikologi memberikan pandangan tertentu dan berbeda satu sama lain. Dalam berbagai kerangka pandang tersebut yang paling sering sensitive adalah pandangan agama. Meskipun memang terdapat berbagai wacana yang berbeda pula dalam satu agama sekalipun.

 

Perbedaan pandangan dari berbagai argument dalam satu agama merupakan bentuk keragaman berpikir dari kerangka yang berbeda, seperti halnya keragaman tentang seksualitas. Teks (kitab suci) yang seakan-akan tidak berpihak terhadap konteks seksualitas sering dijadikan landasan meskipun sangat tidak sesuai dengan misi kemanusiaan. Namun bagaimanapun juga kita tidak bisa merubah teks (kitab suci) dalam suatu agama. Kita hanya dapat menginterpretasikan teks tersebut sesuai konteks yang begitu nyata. Tidak terkeculi tentang seksualitas beragam yang di dalamnya termasuk juga homoseksual dan sebagainya.

 

Walaupun ada sebagian orang yang menganggap bahwa keberadaan lesbian, guy, biseksual dan sebagainya berasal dari barat, sebenarnya tidak demikian. Merujuk sejarah lokal ternyata Nyi Mas Gandasari dari Cirebon, istri Syekh Magelung Sakti (dari Suria dan menjadi murid Sunan Gunung Jati Cirebon) ternyata dia seorang lesbian . Pendapat bahwa adanya unsur kebarat-baratan itu berasal dari kalangan agama (Islam) tanpa memandang latar belakang dan sejarah local. Padahal pandangan berdasarkan agama juga berasal dari sebuah budaya. Sehingga tentu saja ada sebuah perbedaan pendapat antara para tokoh agama yang satu dengan lainnya.

 

Perbedaan pendapat yang berasal dari manapun berdasarkan kerangka agama tidak dapat dijadikan rujukan yang mutlak. Karena pendapat yang satu belum tentu benar atas pendapat yang lain. Ibarat 3 orang buta yang mendeskripsikan seekor gajah yang masing-masing menggunakan perabaan yang berbeda. Seorang buta memegang gajah dari bagian kepala, seorang buta lagi memegang gajah dari bagian kaki dan seorang buta satunya lagi memegang dari bagian perut. Dari ketiga orang buta tersebut tentu masing-masing memiliki definisi yang berbeda dari hasil perabaannya meskipun obyeknya satu, yaitu gajah.

 

Belajar dari ketiga orang buta tersebut tentu kita dapat mengambil kesimpulan bahwa dengan obyek yang sama tetapi menggunakan beberapa kerangka berpikir yang menghasilkan definisi yang berbeda. Begitupun dengan tafsiran terhadap teks (kitab suci) suatu agama. Kita tidak bisa hanya meyakini satu pandangan saja tetapi juga lebih menghargai pandangan yang berbeda. Penafsiran bagaimanapun dari tokoh agama apapun yang jelas memiliki perbedaan tergantung point of vieuw. Begitupun bagaimana kita memandang tentang homoseksual dan sebagainya.


Oleh : Masyithoh


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: