Posted by: fsindonesia | February 1, 2012

Ironi Selembar Surat Nikah

Meskipun di belahan dunia yang lain terutama negara dengan ideologi agama masih banyak yang anti dan menolak dengan hubungan sejenis ini. Termasuk salah satunya di negara Indonesia tercinta ini. Namun dalam kenyataan sebaliknya justru semakin hari semakin banyak saja negara di dunia ini yang mengesahkan pernikahan gay.

Sebelumnya sejarah dunia mencatat pernikahan gay pertama kali 2001 lalu di negara kincir angin Belanda. Negara bunga tulip ini mengakui secara sah pernikahan gay berdasarkan hukum pernikahan. Lalu diikuti negara tetangganya Belgia yang juga mengakui pernikahan sejenis. Lalu berturut turut Negara Spanyol, Kanada, dan Afrika Selatan juga memberikan pengakuan hak bagi pasangan gay untuk menikah dan membentuk keluarga.

Demikian pula di beberapa negara bagian di Amerika Serikat juga turut memberi pengesahan bagi pasangan gay untuk menikah, sebelumnya ada beberapa negara yang sudah lebih dulu melegalkan pernikahan sesama jenis,seperti di Iowa. Keputusan yang membolehkan perkawinan sesama jenis ini membuat Iowa, negara bagian Amerika Serikat ini menyusul negara bagian lain seperti Massachusetts, Connecticut, Hawaii.

Sebelumnya beberapa negara bagian yang lain, seperti: Maine, New Hampshire, New Jersey, Oregon, Vermont, Washington, dan Washington DC, juga membrikan lampu hijau buat pasangan sesama jenis. Di negara tersebut dinyatakan bahwa ikatan di antara pasangan sejenis dikenal sebagai partner domestik di dalam rumah tangga mereka, dengan peran dah hak suami-istri.

Sementara itu, New Mexico, New York, dan Rhode Island juga mengakui legalitas pasangan homo (gay dan lesbian) yang menikah di negara lain, tapi masih belum mengizinkan pernikahan sejenis itu dilakukan di wilayah mereka.

Bagi komunitas gay di Indonesia, termasuk di Malang Jawa Timur berita menggembirakan tentang dilegalkannya pernikahan sejenis di negara lain ini menjadi semacam oase. Beberapa diantaranya berharap dapat melangsungkan pernikahan dengan pria yang dicintainya di negara negara tersebut.

Termasuk aku yang ingin sekali menikah dengan pasangan cowokku yang aku cintai. Karena aku sudah hidup serumah selama 12 tahun lamanya. Akan melengkapi untuk kebahagian kami berdua, jika hubungan kami juga diakui secara sah oleh negara.

Meskipun aku berharap dapat menikah seperti layaknya sebuah keluarga yang diakui oleh negara dan masyarakat. Tetapi aku cukup realistis dengan keadaan dan situasi di lingkungan tempat tinggalnya. Karena baginya, percuma juga pasangan gay dilegalkan oleh secarik lembar kertas dan diakui oleh negara.

Karena menurutku, jika hubungan dua orang itu tidak harmonis, sering bertengkar atau berselisih atau bahkan saling selingkuh, tentu percuma juga ada legalisasi pernikahan gay. Karena bagi aku lebih penting makna kebersamaan itu, walaupun tanpa akte surat nikah. Hidup serumah saling menyayangi dan mencintai satu sama lain, itu adalah segalanya.

Dan menurutku, cukup banyak rekan dan kenalanku yang telah bertahun tahun hidup bersama dengan pasangan gay-nya. Ada yang hidup serumah, ataupun hidup dalam satu kontrakan, bahkan ada yang satu kost hingga yang hdup terpisah. Umumnya mereka menutup erat status hubungan mereka dengan warga masyarakat sekitar. Meskipun sebagian yang lainnya juga berani membuka status dengan keluarga dan masyarakat sekitarnya.

Beberapa kawan yang biseks, biasanya masih menutup status hubungan mereka. Bahkan banyak pria beristri juga masih tetap setia dengan pasangan cowoknya. Mereka menjalani kehidupan ganda hingga bertahun-tahun lamanya tanpa selembar surat pengesahan akan hubungan mereka.

 

oleh : Muhammad Tohir


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: