Posted by: fsindonesia | February 6, 2012

Kesan Melany Katarina

  • Anatomi dan fisiologi organ reproduksi dan seksualitas serta seks, hormon dan kromosom
  • Kesehatan seksual dan reproduksi: siklus menstruasi, kehamilan, aborsi, KB; IMS, HIV dan AIDS, mitos seksualitas; gender dan seksualitas
  • Perspektif teoretik, esensi konstruksi, nature nurutre, etik emik
  • Gender, seksualitas dan ideologi
  • Talk show (perspektif agama – Kiai dan Pendeta)
  • Gender, seksualitas dan media
  • Gender, seksualitas dan HAM
  • Observasi dan interview singkat (Irian Barat)
  • Komunikasi
  • Melatih peserta luar

Semua materi yang disiapkan atau yang telah diberikan sangat menarik, walaupun masih ada beberapa materi yang masih sulit untuk aku tangkap, tapi semua materi yang saya dapati dari nara sumber sangat menambah pengetahuanku dalam segala hal. Dari apa yang dulu aku tidak mengerti kini sekarang telah aku mengerti.

Ada beberapa materi yang sangat menarik bagiku diantaranya adalah: kesehatan seksual dan reproduksi.

  • Seksualitas serta seks, hormon dan kromosom materi ini membuat saya lebih tau mengenai awal mula manusia terbentuk dan apa saja yang berperan penting dalam proses terbentuknya manusia dari sperma, embrio, sampai untuh menjadi bayi.
  • Siklus menstruasi, kehamilan, aborsi dan KB
  • Mitos seksualitas dimana selama ini banyak aturan-aturan yang ternyata belum tentu kebenarannya (mitos) semua telah terjawab dalam materi ini.
  • Gender dan seksualitas dimana banyak gender yang belum kita ketahui bisa kita tahu dalam materi ini, serta banyak pula orientasi seksual yang saya ketahui dari awal yang aku tau hanya beberapa orientasi seksual.
  • Perspektif teoretik, esensi konstruksi, nature nurture, etik emik dalam materi ini masih banyak yang belum bisa ditangkap. Mungkin karena saya terkendala karena materi atau ideologi-ideologi seperti ini baru saya dapati. Harapan saya kedepannya agar saya masih dapat materi ini, sehingga saya bisa lebih memperdalam dan banyak belajar lagi tentang materi ini.
  • Talk show (perspektif agama – Kiai dan Pendeta)
  • Dalam materi ini ternyata semua hal-hal negatif yang mendiskriminasi hanya konstruksi manusia yang penuh dengan rasa egoisme, dan semua itu karena salah mendeskripsikan ajaran atau kitab dari masing-masing agama.
  • Observasi dan interview singkat, Walaupun sedikit melelahkan, tapi saya senang karena kehidupan malam di tempat saya tinggal terdapat beberapa hal yang berbeda, dan hasil sharing dengan teman-teman di lapangan saya sadar betapa beratnya menjalani hidup di tengah-tengah kota metropolitan ini.
  • Teknik komunikasi, Semoga dengan adanya materi ini saya belajar banyak tentang teknik dan cara komunikasi, dan saya akui selama ini saya masih terkendala dalam komunikasi dan cara penyampaian yang akan saya share ke teman-teman.
  • Selama beberapa hari ini saya sangat senang bisa bertemu banyak teman-teman baru dari berbagai daerah, serta panitia yang sangat care dan open dalam penerimaannya, karena saya adalah satu-satu peserta transgender watia.
  • Harapan saya semoga pelatihan ini bisa saya ikuti selanjutnya, agar pengetahuan atau knowldedge yang saya miliki semakin bertambah dan bisa saya laksanakan dalam organisasi. Semoga saja dengan pelatihan ini kami semua menjadi SDM (sumber daya manusia) yang dapat diandalkan dalam organisasi dan masyarakat hususnya demi perubahan dan memperjuangkan hak-hak komunitas LGBT.

 

oleh : Melany Katarina


Leave a Reply

Categories

